Dapatkan Strategi Marketing untuk Meningkatkan Trafik, Prospek, dan Konversi

6 Peran Instagram dan YouTube Untuk Bisnis

Ini Dia 6 Peran Instagram dan Youtube Untuk Bisnis Yang Harus Anda Pahami
  • Home
  • »
  • Blog
  • »
  • 6 Peran Instagram dan YouTube Untuk Bisnis

Semakin canggihnya teknologi, membuat para pengguna media sosial semakin aktif saja dalam membagikan kegiatan sehari-harinya di akun media sosial mereka masing-masing. Namun, dewasa ini media sosial tidak hanya digunakan untuk pamer kegiatan sehari-hari saja, melainkan juga untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa.

Ya, promosi melalui media sosial memang dianggap lebih efektif dan lebih hemat karena tidak terlalu memerlukan banyak biaya. Informasi yang disampaikan juga dapat dengan cepat sampai ke konsumen. Jadi, rugi jika Anda tidak memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis yang Anda rintis.

Dari beberapa media sosial, yang paling populer dan banyak digunakan di Indonesia adalah Instagram dan Youtube. Kedua media sosial tersebut memang dekat sekali dengan masyarakat. Nah, melihat fenomena tersebut, tentu Anda harus memanfaatkan Instagram dan Youtube dengan sebaik-baiknya agar bisnis Anda dapat dikenal oleh konsumen.

Untuk memperkaya wawasan Anda, berikut ini akan dipaparkan informasi mengenai peran Instagram dan Youtube untuk bisnis.

  1. Mempengaruhi konsumen

Idealnya, promosi produk atau jasa akan lebih menarik jika Anda mengemasnya dalam sebuah video. Buatlah video yang singkat namun dapat mewakili maksud dari apa yang akan Anda sampaikan kepada konsumen. Misalnya saja, Anda ingin mempromosikan sebuah produk, maka buatlah video singkat yang semenarik mungkin agar konsumen merasa tertarik untuk menontonnya.

Video tersebut dapat Anda unggah di Instagram dan juga channel Youtube Anda supaya banyak yang menonton. Tips agar mereka mengunjungi Youtube Anda adalah dengan mengupload cuplikan video di Instagram kemudian ajak konsumen untuk melihat video lengkapnya pada channel Youtube Anda. Jangan lupa sertakan link video di bio Anda. dengan begitu, semakin banyak konsumen yang berkunjung ke Youtube Anda.

Anda juga bisa bekerja sama dengan teman untuk meninggalkan komentar, membagi video, menilai video, ataupun subscribe video agar lebih banyak orang yang tahu channel Youtube Anda.

  1. Memperkuat merek Anda

Merek menjadi bagian yang penting dalam dunia bisnis. Merekalah yang menjadi ciri khas dari produk atau jasa yang Anda rintis. Merek juga merupakan metode branding yang terbaik untuk Anda agar bisnis semakin dikenal oleh masyarakat secara luas.

Dengan memanfaatkan peran Instagram dan Youtube untuk bisnis, Anda bisa semakin memperkuat merek yaitu dengan memasukkan logo pada setiap postingan yang di share melalui Instagram maupun Youtube.

Hal yang penting seperti konsisten dalam membuat konten yang mengangkat citra dari merek Anda juga perlu untuk diperhatikan karena konsumen akan lebih loyal kepada Anda jika tetap menjaga konsistensi dan menjaga citra baik dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Memperkuat merek juga bisa dilakukan dengan memosting testimoni ataupun merepost mention dari konsumen yang menggunakan produk atau jasa Anda.

Anda juga bisa mewawancarai secara langsung pelanggan setia Anda untuk memberikan testimoni mengenai kelebihan memakai produk atau jasa Anda dan mengemasnya dalam bentuk video menarik, kemudian di post di Youtube. Jangan lupa ajak orang sebanyak mungkin untuk melihat video tersebut dan mengeklik like serta subscribe.

  1. Tunjukkan, bukan hanya sekedar memberitahu

Peran Instagram dan Youtube untuk bisnis tidak hanya sebagai berbagai informasi saja, sesekali Anda bisa menunjukkan video mengenai tutorial penggunaan suatu produk atau khasiat yang akan didapatkan setelah menggunakan produk tersebut.

Dengan begitu, konsumen akan lebih tertarik karena terdapat bukti nyatanya tidak hanya sekedar informasi secara tertulis saja. Tentu untuk mewujudkan hal ini butuh sebuah usaha yaitu menyewa model untuk memperagakannya sehingga ada biaya yang harus Anda keluarkan.

Namun, melihat keuntungan yang akan Anda dapatkan setelah membagikan video tersebut, maka besarnya biaya tersebut bukanlah sebuah masalah yang berarti karena nantinya Anda akan meraih keuntungan yang lebih.

  1. Membantu Meningkatkan SEO

Memasukkan video di dalam konten web yang Anda miliki dapat meningkatkan nilai Anda pada mesin pencari Google sehingga para pencari informasi di Google akan diarahkan pada website Anda.

Anda bisa memberIkan tag kepada mereka untuk membantu menemukan video Anda. Penting sekali bagi Anda untuk menggunakan keyword yang saat ini sedang booming pada setiap konten yang dibuat agar semakin banyak yang menemukan postingan Anda.

Semakin meningkatnya SEO dari web Anda, maka akan semakin banyak orang yang mengunjungi Instagram dan channel Youtube Anda. Dengan begitu semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda dan semakin banyak pula yang membeli produk atau menggunakan jasa bisnis Anda.

Jadi, tak dapat dielakkan lagi bahwa kedua media sosial tersebut sangat penting bagi para pelaku bisnis dimanapun berada, baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar negeri.

  1. Menemukan konsumen baru serta memperluas target pasar

Media sosial seperti halnya Instagram dapat membantu Anda dalam menemukan konsumen baru dan juga mencari konsumen yang potensial untuk bisnis Anda. jika target pasar Anda adalah orang-orang terdekat yang berada di lingkungan sekitar, maka Anda bisa melakukan pencarian lokasi terdekat menggunakan Instagram. Tentu saja cara ini akan semakin memudahkan Anda dalam mencari pelanggan.

Selain itu, pencarian konsumen juga bisa menggunakan hashtag yang terkait dengan bisnis Anda. Di era yang modern ini, para konsumen lebih suka untuk mencari apa yang mereka butuhkan melalui media sosial, salah satunya yaitu mencarinya menggunakan hashtag.

Nah, ini merupakan kesempatan bagi anda untuk menggunakan hashtag agar calon pembeli lebih mudah menemukan produk atau jasa Anda.

  1. Mempercepat tersampaikannya informasi

Peran Instagram dan Youtube untuk bisnis yang selanjutnya adalah dapat menyampaikan informasi secara cepat. Terlebih lagi Instagram dan Youtube merupakan konsumsi masyarakat sehari-hari. Rasanya ada yang kurang jika dalam satu hari belum membuka kedua media sosial tersebut.

Tentu hal tersebut berbeda dengan website yang harus menunggu waktu lama agar bisa berada di posisi teratas dan bisa dilihat oleh para konsumen. Kecepatan informasi inilah yang akan membuat bisnis Anda semakin berkembang sehingga tidak perlu menunggu lama agar bisnis Anda bisa maju.

Selain informasi dapat tersampaikan secara cepat, Anda juga dapat memperoleh feedback dari konsumen secara cepat pula. Jika Anda memosting konten ke Instagram dan Youtube, biasanya konsumen yang menyukai atau tidak menyukai konten tersebut akan memberikan tanggapan berupa like atau komentar. Dengan begitu, anda bisa melihat tanggapan dari mereka.

Jika tanggapannya positif, maka bisa dijadikan sebagai bahan untuk promosi dan memperkuat merek Anda. Jika tanggapannya berupa kritikan, maka bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi agar bisnis Anda lebih baik lagi ke depannya.

Dengan demikian, bisnis Anda akan berjalan lebih mudah dan tujuan dari usaha Anda dapat tercapai dalam kurun waktu yang singkat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran Instagram dan Youtube untuk bisnis memang begitu besar dan informasi di atas dapat dijadikan sebagai sebagai bahan pembelajaran untuk Anda dalam menjalankan sebuah bisnis.

Rekomendasi Topik Menarik Lainnya...

Leave a Reply

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
Success message!
Warning message!
Error message!