7 Masalah Bisnis dan Cara Menyelesaikannya

1 Comments

7 Masalah Dalam Bisnis dan Cara Menyelesaikannya

Dalam bidang bisnis, wajar saja jika terjadi suatu masalah. Yang menjadikannya tidak wajar adalah kurangnya pengetahuan dalam mengelola masalah tersebut. Ya, managemen berbisnis seharusnya sudah Anda miliki sebelum merintis sebuah bisnis.

Masalah dalam berbisnis tentu ada beragam dan seringkali membutuhkan pemikiran yang ekstra untuk menyelesaikannya. Nah, agar semakin memperkaya wawasan berbisnis Anda, berikut akan dipaparkan informasi mengenai masalah dalam bisnis dan cara menyelesaikannya.

  1. Modal

Modal merupakan permasalahan bisnis yang paling klasik dan sering terjadi dalam dunia bisnis, sebenarnya, bisnis dapat dimulai hanya dengan modal yang pas-pasan, tergantung bisnis apa yang akan dibangun. Jika memang modalnya hanya sedikit, carilah bisnis yang sesuai dengan modal Anda.

Ada pula solusi lain yang bisa Anda lakukan adalah bekerja terlebih dahulu guna mengumpulkan pundi-pundi uang dan jika sudah memiliki banyak uang barulah mendirikan bisnis. Jika Anda memang sudah tidak sabar mendirikan bisnis namun modalnya masih kurang, cobalah untuk meminjam modal di tempat saudara/teman/bank kepercayaan Anda.

Solusi yang terakhir adalah dengan mencari investor. Presentasikanlah keuntungan apa yang bisa didapatkan investor jika mendanai usaha yang akan Anda jalankan. Hal tersebut dilakukan jika usaha Anda sudah terkonsep dengan baik matang dan jelas memiliki prospek yang baik di masa mendatang.

  1. Waktu

“Time is money” itulah slogan yang sering dipakai para pebisnis. Nyatanya waktu memang tak akan pernah bisa kembali, untuk itu manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya.

Waktu sering menjadi kendala bagi para pebisnis. Pasalnya tidak semua pebisnis bisa mengatur waktu dengan baik. Hal tersebut pun mengakibatkan sejumlah masalah yang fatal seperti telat menghadiri meeting yang berakibat kehilangan klien, pekerjaan menjadi menumpuk sehingga mengakibatkan Anda stress dan jatuh sakit, dan masalah yang lainnya.

Lalu, hal apa yang sebaiknya Anda lakukan agar bisa mengatur waktu dengan baik? Salah satu cara yang terbaik untuk Anda adalah dengan membuat jadwal aktivitas sehari-hari agar semua rencana pada hari tersebut dapat berjalan dengan baik. Masalah dalam bisnis dan cara menyelesaikannya ini cocok sekali dilakukan bukan hanya untuk pebisnis saja melainkan untuk Anda para pelajar.

  1. Kurang percaya diri

Fenomena yang terjadi saat ini adalah banyak pebisnis yang merasa tidak percaya diri dengan bisnis yang dirintisnya. Ya, hal tersebut memang biasa terjadi ketika baru memulai sebuah usaha ataupun bisnisnya belum juga berkembang.

Tanpa disadari ketidakpercayaan diri Anda akan berdampak buruk bagi bisnis Anda yaitu kurang dikenalnya bisnis yang Anda jalankan. Tentu saja, hal tersebut akan membuat bisnis Anda sulit untuk berkembang.

7 Masalah Dalam Bisnis dan Cara Menyelesaikannya

Masalah dalam bisnis dan cara menyelesaikannya yang tepat adalah dengan membangun kepercayaan diri Anda yaitu memperbanyak berkomunikasi dan memperbanyak relasi. Dengan begitu, Anda dapat lebih percaya diri untuk membranding produk ataupun jasa yang Anda rintis. Promosi dari mulut ke mulut merupakan salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda. Bagaimana, tertarik mencobanya?

  1. Tidak adanya dukungan dari keluarga

Bagi beberapa orang masih saja beranggapan bahwa mendirikan bisnis bukanlah zona yang aman dan dapat memberikan keuntungan yang besar. Hal tersebutlah yang mengakibatkan anggota keluarga tidak menyetujui anggota keluarganya untuk memulai mendirikan sebuah bisnis.

Padahal dukungan keluarga sangatlah penting dan merupakan salah satu kunci sukses dalam berbisnis. Jika pun keluarga Anda belum menyetujui, langkah yang harus Anda ambil adalah tetap fokus pada bisnis yang dijalankan dan selalu update kemampuan diri Anda dalam berbisnis.

Dengan begitu, lama kelamaan keluarga Anda akan melihat keseriusan Anda dalam menjalankan bisnis sehingga lama kelamaan akan direstui.

Memang masalah yang satu ini sering menjadi kendala bagi para pebisnis. Namun, Anda tak perlu patah arang jika memang bisnis yang akan dirintis sudah tepat dan memiliki prospek yang baik ke depannya.

  1. Pindah bidang Bisnis

Masalah dalam bisnis dan cara menyelesaikannya yang selanjutnya adalah mengenai perpindahan bisnis yang kerap terjadi di kalangan pebisnis.

Memang ada beberapa pebisnis yang mudah memiliki sifat mudah menyerah, jadi jika bisnis yang dijalankan sepi dan tidak berkembang memilih untuk berpindah ke bisnis yang lainnya. Misalnya memulai bisnis sepatu, namun sepi pesanan kemudian pindah bisnis salon dan sepi pelanggan pula kemudian pindah lagi menggeluti bisnis kuliner.

Ketidakonsistenan ini justru akan merugikan diri Anda sendiri dan akhirnya Anda tidak jadi bergelut di dunia bisnis. Solusinya jika bisnis Anda tidak berkembang adalah fokus dan memikirkan strategi baru guna mengembangkan bisnis.

Catatlah apa saja kekurangan yang membuat bisnis Anda tidak berkembang dan segera lakukan evaluasi. Jika Anda masih bingung, bisa berkonsultasi pada yang sudah ahli di bidang bisnis.

  1. Perang Harga

Harga memang selalu menjadi dilema bagi para pebisnis. Banyaknya pesaing yang menjual produk atau jasa dengan harga yang lebih murah, menjadikan Anda memutar otak dan ingin menurunkan harga agar memperoleh banyak pelanggan.

Namun, ternyata tindakan Anda tersebut tidaklah tepat. Alangkah lebih baik jika Anda memikirkannya sekali lagi, menurunkan harga akan membuat penghasilan Anda menjadi lebih kecil.

Nah, solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan harga yang sesuai dengan kualitas yang diberikan dan berikanlah pelayanan yang akan membuat pelanggan Anda menjadi puas nantinya. Ingat, tidak semua pelanggan menginginkan harga yang murah, adapula pelanggan yang mencari produk yang berkualitas dan yang bisa memberikan kenyamanan ketika mereka sedang berbelanja.

  1. Manajemen keuangan yang tidak baik

Manajemen keuangan memiliki poin yang penting dalam sebuah usaha. Ya, laporan keuangan dari usaha Anda dapat menggambarkan keadaan usaha Anda saat ini. Jika manajemen keuangannya buruk, maka secara otomatis Anda tidak bisa melihat apakah bisnis yang digeluti mengalami kerugian atau untung.

Dengan adanya manajemen keuangan yang baik, maka Anda akan lebih mudah untuk mengontrol keuangan, merencanakan, memonitor, dan mengatur modal kerja.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan penilaian tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang, serta dapat menganalisis hambatan yang mungkin akan terjadi akibat pengambilan keputusan keuangan yang diambil sehingga Anda bisa memperkirakan resiko di masa mendatang.

Untuk dapat menerapkan manajemen yang baik, maka hal yang perlu dilakukan adalah menggunakan sistem keuangan yang baik pula seperti software akuntansi online seperti halnya menggunakan jurnal yang disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda. Dengan begitu transaksi keuangan dapat tercatat secara rapi dan mudah untuk dilihat ketika sedang dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga harus memilih pegawai akuntansi yang memang kompeten di bidangnya agar tidak membutuhkan banyak waktu untuk mempelajari sistem akuntansi dan menjadikan usaha Anda cepat berkembang.

Masalah dalam bisnis dan cara menyelesaikannya dapat menjadikan ilmu baru untuk anda dalam memulai sebuah bisnis. Kuncinya adalah selalu perbaiki kemampuan Anda dalam berbisnis dan tidak mudah menyerah.

Leave a Reply

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
Ada yang bisa dibantu? Kami siap membantu Anda kapanpun.
Success message!
Warning message!
Error message!