Studi Kasus Strategi Email Marketing

4 December 2023
Email Marketing

PT. Maju Mundur adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi. Perusahaan ini memiliki data leads sekitar 19K. PT. Maju Mundur menggunakan email marketing sebagai salah satu strategi pemasarannya. dengan target 3 bulan pertama: meningkatkan brand awareness.

Info: kami menyamarkan nama asli perusahaan dengan nama PT. Maju Mundur. kami menghargai privasi data-data pelanggan kami 🙂

Tujuan

Tujuan dari studi kasus ini adalah untuk mengetahui strategi email marketing yang digunakan oleh PT. Maju Mundur sehingga dapat menghasilkan open rate 57% dan click rate 11%. secara keseluruhan.

Metode

Data yang digunakan dalam studi kasus ini adalah data email marketing yang dikirimkan oleh PT. Maju Mundur selama 3 bulan terakhir. Data ini mencakup informasi tentang subjek email, konten email, waktu pengiriman email, dan platform yang digunakan untuk membuka email.

Hasil

Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan beberapa faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan strategi email marketing PT. Maju Mundur, yaitu:

Subjek email yang menarik dan relevan

PT. Maju Mundur selalu memperhatikan subjek email yang digunakan. Subjek email harus menarik dan relevan dengan konten email. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan pelanggan membuka email.

Konten email yang informatif dan bermanfaat

Konten email yang dikirimkan oleh PT. Maju Mundur selalu informatif dan bermanfaat bagi pelanggan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat pelanggan untuk membaca email dan melakukan tindakan selanjutnya, seperti mengklik tautan atau melakukan pembelian.

Email Marketing
contoh report performa salah satu kampanye email

Waktu pengiriman email yang tepat

PT. Maju Mundur mengirimkan email pada waktu yang tepat, yaitu pada saat pelanggan memiliki kemungkinan besar untuk membuka email. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan email dibaca oleh pelanggan.

Platform yang digunakan untuk membuka email

PT. Maju Mundur menggunakan platform yang umum digunakan oleh pelanggan, yaitu Gmail dan Outlook. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa email dapat dibuka oleh pelanggan.

Rekomendasi

Berdasarkan hasil studi kasus ini, berikut adalah beberapa rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas strategi email marketing PT. Maju Mundur:

Pengujian A/B
PT. Maju Mundur dapat melakukan pengujian A/B untuk subjek email, konten email, waktu pengiriman email, dan platform yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk menemukan kombinasi yang paling efektif untuk meningkatkan open rate dan click rate.

Personalisasi
PT. Maju Mundur dapat menambahkan unsur personalisasi dalam email marketingnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterikatan pelanggan dengan perusahaan.

Tracking dan analisis
PT. Maju Mundur harus terus melacak dan menganalisis efektivitas strategi email marketingnya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa yang bekerja dan apa yang tidak.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil studi kasus ini, dapat disimpulkan bahwa strategi email marketing PT. Maju Mundur berhasil karena menggunakan subjek email yang menarik dan relevan, konten email yang informatif dan bermanfaat, waktu pengiriman email yang tepat, dan platform yang umum digunakan oleh pelanggan.

Save PDF: untuk penyimpanan format PDF silahkan tekan keyboard Anda dengan Ctrl+P

Newsletter

Sign up to receive weekly awesome content & case studies in your inbox.

We don’t spam! Read our privacy policy